Rabu, 31 Desember 2008 Diposkan oleh RzBzR   1 comment

Split merupakan suatu posisi tubuh saat kedua kaki membentuk garis lurus secara paralel. Ada dua bentuk split, yakni:

  1. Split Depan, saat salah satu kaki direntangkan ke depan badan dan kaki yang lain direntangkan ke belakang badan. Jika kaki kanan yang di depan maka disebut split kanan, begitu sebaliknya.
  2. Split Samping, sering juga disebut double split, saat kedua kaki direntangkan ke samping badan.
Split samping cenderung lebih sulit dilakukan dibandingkan dengan split depan karena split samping memerlukan perenggangan pada otot ke arah samping yang tidak biasa dilakukan dalam gerakan kaki sehari-hari.

How to Split?
Split memerlukan kelenturan otot (seberapa jauh otot dapat meregang) pada bagian paha belakang dan samping (hamstring and iliopsoas). Kelenturan ini dapat dilakukan dengan peregangan statis (static stretching) untuk pembiasaan otot untuk meregang sejauh kemampuannya.

Peregangan statis dilakukan dengan melebarkan sejauh mungkin kaki dengan perlahan. Peregangan ini tidak memerlukan pemanasan dan gerakan mengayun-ayun terlebih dulu. Cukup lakukan seperti apa yang kucing lakukan, sehabis tidur langsung dapat melakukan peregangan statis pada kaki untuk dapat melakukan split.

Lakukan peregangan split secara perlahan, bertahap, dan rutin! Selengkapnya...

Senin, 15 Desember 2008 Diposkan oleh RzBzR   0 comments

Sistem atau disiplin bela diri dapat dibagi dalam dua kategori utama,

- striking art
- grappling art

striking art/technique
dalam bahasa lain teknik menyerang, menggunakan anggota gerak badan sebagai alat menyerang. Pukul, tendang, siku, dan lutut.
seperti: karate, tkd, wushu

grappling art/technique
termasuk dalam kategori ini adalah teknik mengunci (locking), bantingan (throwing), gulat (wrestling). seperti: judo, bjj, aikido.

Pembagian berdasarkan teknik dominan yang dipelajari/pertandingkan.

Pada dasarnya, setiap bela diri tradisional mempunyai/mempelajari kedua seni tsb. namun pada perkembangannya, karan keperluan kompetisi/pertandingan banyak aspek2 yang tidak diperlukan dalam kejuaran tidak disertakan dalam latihan.

misalkan, wushu dulu kala dalam pertandingan menggunakan teknik kuncian bahkan patahan. Namun krn dlm pertandingan sanshou hal tsb dilarang, maka byk murid2 sanshou saat ini dalm lathnnya tidak lagi disuguhi dgn materi locking.
Juga terjadi pada beladiri lainnya.

Masing2 art punya kelebihan dan kekurangan bila dihadapkan pada kondisi (fisik) orang yang menggunakan dan situasi yang melingkupi.

Misalkan, Judo berkembang dalam tentara jepang. krn pd waktu itu setiap prajurit yg berperang menggunakan pelindung yg thn pukul (mgkn tahan sabet). sehingga jika striking pertama gagal, maka prajurit akan menggunakan teknik grappling untuk mengalahkan lawan.

orang asia mgkn tidak cock menggunakan grappling dalam menghadapi orang rusia (negara yg merajai gulat dlm olimpiade). makanya jet li dr jauh menyerang titik lemah pegulat dalam fearless.

so, coba lengkapi kemampuan bela diri kamu dengan striking dan grappling. Selengkapnya...

Jumat, 12 Desember 2008 Diposkan oleh RzBzR   0 comments

Tahap pertama, muat serbuk besi atau pasir dan lekatkan ke tubuh (jadi inget sun go kong dengan tempurung kura2_ed), beratnya sewajarnya saja (ringan saja). Buat sebuah lubang dengan dalam satu Chi (0,33m), dengan diameter selebar 2orang yg dpt berdiri bebas (1m_ed). Orang yang akan berlatih berdiri di tengah lubang dan lakukan lompatan tinggi. Coba melompat keluar dari lubang dgn gaya apapun/terserah.

Lakukan latihan ini berulang kali dengan sukses. Pada tahap pertama ini, lubang masih rendah dan beban tubuh ringan, cukup mudah untuk melompat dari lubang. Setelah itu, perdalam lubang dengan ukuran satu CUN (3,33cm) setiap 10 hari atau stgh bulan dan tambahkan berat dengan satu Lian (0,05kg). Perdalam lubang secara berkala dan tingkatkan beban, coba melompat dengan mudah dan bebas.

Sampai lubang sedalam 1 meter (3 Chi), akan membuat latihan lompatan terasa lebih sulit. Oleh itu, jika sebelumnya kamu memperdalam lubang setiap 10-15 hari, sekarang kamu harus meningkatkan interval memperdalam lubang setiap 15-20 hari. Lalu tingkatkan beban dan latih dirimu seperti sebelumnya. Hingga sampai lubang sedalam 1,7 m (5 Chi). Setelah itu, akan diperlukan untuk terus melakukan latihan dan memperdalam lubang dari 1,7m ke 2,3m (7 chi) dan dari 1,7m ke 3,3m (1 zhang).

Ketika dalam lubang sudah mencapai 1 zhang dan berat beban sebesar 5 atau 7 Jins (2,5-3,5 kg) dan melompat keluar sudah terasa mudah dan bebas, latihan tersebut telah berhasil, sukses.

Harap catat setelah kamu mampu melampaui lubang sedalam 1 zhang dengan beban, perlu untuk melepaskan beban dan memperdalam lubang hingga dua kali lipat. Lepaskan beban dan buat lubang dengan dalam 2 zhang (6,6 m), latih dirimu untuk bisa keluar dari lubang tersebut dengan mudah dan bebas.

Sangat dibutuhkan untuk melatih diri sendiri selama 3-5 th dengan cara tersebut. Jika kamu sedang merasa tidak ada harapan, jangan putus asa! Jika di masa lalu seseorang dapat melakukannya, itu berarti kamu dapat melakukan hal yang sama. Banyak orang berhenti di tengah jalan dalam tekanan situasi dan pengaruh opini orang.

Sumber: Training Methodes of 72 Arts of Shaolin Selengkapnya...

Minggu, 07 Desember 2008 Diposkan oleh RzBzR   0 comments

Malam minggu di pinggir jalan menuju puncak.
Si abang dan si yayang makan jagung bakar manis pedas.

Abang : yang, mulut mu belepotan sambel tuh..
Yayang : Aku lagi gak bawa tisu bang. Abang bawa?
Abang : Sebentar,, Abang juga gak bawa. Pake bandage abang aja.
Yayang : Makasih bang

Yayang : wah jadi kotor. aku cuciin aja dulu yaa entar aku balikin
Abang : ah gak usah.. ngak papa koq
Yayang : ah gak enak dong.. aku cuci aja deeeh
Abang : ah ngak papa koq. toh itu belon pernah gua cuci dari taun 86.
Yayang : ???????? ~_~! (lesu, ngak ngomong apa2x)



sumber dengan penyesuaian. Selengkapnya...

 
Blogger Template By Lawnydesignz