Rabu, 17 Maret 2010 Diposkan oleh RzBzR  

Definisi
Dalam definisi secara umum yang dimaksud dengan Core merupakan bagian tubuh minus anggota tubuh penggerak. Otot utama dari Core Muscle termasuk adalah otot panggul, transversus abdominis, multifidus, internal dan eksternal obliques, rektus abdominis, pembina spinae (sacrospinalis) khususnya longissimus thoracis, dan diafragma. Minor core muscle termasuk latisimus dorsi, gluteus maximus, dan trapezius.



Dilihat dari letak core muscle tersebut, maka tidak heran jika setiap gerakan fungsional dari anggota gerak akan berkaitan erat dengan core muscle ini. Core muscle merupakan "inti" atau bagian pusat untuk semua kekuatan yang dibutuhkan untuk meningkatkan melaksanakan kegiatan fisik yang berbeda.


Fungsi dari Core muscle
Fungsi umum dari core muscle untuk menstabilkan dada dan panggul selama gerakan dinamis dan juga memberikan tekanan internal untuk mengusir zat (muntah, kotoran, udara penuh karbon, dll).

Berdasarkan pergerakan tubuh, fungsi core musle dapat dibagi menjadi dua:
- static core function
- dynamic core function



Static core function
Fungsi statis core adalah kemampuan seseorang untuk menyelaraskan dan menstabilitasi/menjaga tubuh tetap diam melawan dorongan kekuatan dari luar. Contoh fungsi statis adalah ketika atlet menembak menjaga tubuhnya tetap diam melawan dorongan tolakan yang ditimbulkan dari tembakan peluru.

Dynamic core function
Fungsi dinamis core muscle adalah menjaga keseimbangan tubuh saat bergerak. Sebelum seseorang melakukan gerakan yang lebih dulu mesti dilakukan adalah menciptakan keseimbangan tubuh untuk dapat menggerakkan anggota tubuh lainya secara fungsional.
Sebagai contoh dari ini adalah berjalan di lereng. Tubuh harus melawan gravitasi sambil bergerak dalam arah, dan menyeimbangkan dirinya sendiri di tanah yang tidak rata. Hal ini akan memaksa tubuh untuk menyesuaikan tulang dengan cara yang menyeimbangkan tubuh, sementara pada saat yang sama mencapai momentum melalui mendorong terhadap tanah yang berlawanan arah gerakan yang dikehendaki. Pada awalnya, mungkin tampak bahwa kaki adalah penggerak utama dari tindakan ini, tetapi tanpa keseimbangan, kaki hanya akan menyebabkan orang jatuh. Oleh karena itu, penggerak utama berjalan adalah inti mencapai stabilitas, dan kemudian kaki bergerak stabil ini inti dengan menggunakan otot kaki.

Beberapa manfaat dari melatih core muscle adalah sebagai berikut:
1. Memperkuat core muscles akan memperbaiki postur tubuh dan mencegah sakit pinggang (low back).
2. Membantu menjaga kesehatan otot, sehingga mencegah cidera pinggang lebih lanjut.
3. Meningkatkan kinerja tubuh
4. Latihan memperkuat core muscle tidak menyebabkan sakit nyeri otot.
5. memperpanjang otot dan mencegah ketidakseimbangan pijakan saat anda menjadi tua.

Shall we practice it!

[Diramu dari berbagai sumber. Banyak terjemahan nama-nama otot yang tidak dimengerti. Perlu diskusi lebih lanjut]

Sumber 1
Sumber 2

0 comments

 
Blogger Template By Lawnydesignz