Rabu, 31 Desember 2008 Diposkan oleh RzBzR  

Split merupakan suatu posisi tubuh saat kedua kaki membentuk garis lurus secara paralel. Ada dua bentuk split, yakni:

  1. Split Depan, saat salah satu kaki direntangkan ke depan badan dan kaki yang lain direntangkan ke belakang badan. Jika kaki kanan yang di depan maka disebut split kanan, begitu sebaliknya.
  2. Split Samping, sering juga disebut double split, saat kedua kaki direntangkan ke samping badan.
Split samping cenderung lebih sulit dilakukan dibandingkan dengan split depan karena split samping memerlukan perenggangan pada otot ke arah samping yang tidak biasa dilakukan dalam gerakan kaki sehari-hari.

How to Split?
Split memerlukan kelenturan otot (seberapa jauh otot dapat meregang) pada bagian paha belakang dan samping (hamstring and iliopsoas). Kelenturan ini dapat dilakukan dengan peregangan statis (static stretching) untuk pembiasaan otot untuk meregang sejauh kemampuannya.

Peregangan statis dilakukan dengan melebarkan sejauh mungkin kaki dengan perlahan. Peregangan ini tidak memerlukan pemanasan dan gerakan mengayun-ayun terlebih dulu. Cukup lakukan seperti apa yang kucing lakukan, sehabis tidur langsung dapat melakukan peregangan statis pada kaki untuk dapat melakukan split.

Lakukan peregangan split secara perlahan, bertahap, dan rutin!

1 comment

Jhoe TaeKwonDo mengatakan...

mksih buat ilmu spiltnya..tapi kalo bisa numpang tanya apa ada teori cara mengukur kelenturan spilt??kalo ada bisa tolong dimuat sekalian ama penulis teorinya...tolong yach...makasih

 
Blogger Template By Lawnydesignz