Senin, 15 Desember 2008 Diposkan oleh RzBzR  

Sistem atau disiplin bela diri dapat dibagi dalam dua kategori utama,

- striking art
- grappling art

striking art/technique
dalam bahasa lain teknik menyerang, menggunakan anggota gerak badan sebagai alat menyerang. Pukul, tendang, siku, dan lutut.
seperti: karate, tkd, wushu

grappling art/technique
termasuk dalam kategori ini adalah teknik mengunci (locking), bantingan (throwing), gulat (wrestling). seperti: judo, bjj, aikido.

Pembagian berdasarkan teknik dominan yang dipelajari/pertandingkan.

Pada dasarnya, setiap bela diri tradisional mempunyai/mempelajari kedua seni tsb. namun pada perkembangannya, karan keperluan kompetisi/pertandingan banyak aspek2 yang tidak diperlukan dalam kejuaran tidak disertakan dalam latihan.

misalkan, wushu dulu kala dalam pertandingan menggunakan teknik kuncian bahkan patahan. Namun krn dlm pertandingan sanshou hal tsb dilarang, maka byk murid2 sanshou saat ini dalm lathnnya tidak lagi disuguhi dgn materi locking.
Juga terjadi pada beladiri lainnya.

Masing2 art punya kelebihan dan kekurangan bila dihadapkan pada kondisi (fisik) orang yang menggunakan dan situasi yang melingkupi.

Misalkan, Judo berkembang dalam tentara jepang. krn pd waktu itu setiap prajurit yg berperang menggunakan pelindung yg thn pukul (mgkn tahan sabet). sehingga jika striking pertama gagal, maka prajurit akan menggunakan teknik grappling untuk mengalahkan lawan.

orang asia mgkn tidak cock menggunakan grappling dalam menghadapi orang rusia (negara yg merajai gulat dlm olimpiade). makanya jet li dr jauh menyerang titik lemah pegulat dalam fearless.

so, coba lengkapi kemampuan bela diri kamu dengan striking dan grappling.

0 comments

 
Blogger Template By Lawnydesignz